AIDDA is attention, interest, desire, decisission, and action
Efektivitas
penyampaikan pesan komunikasi bisnis, ditentukan oleh banyak hal. Satu
di antaranya, adalah efektivitas penyampaian pesan dengan cara menarik
perhatian komunikan. Untuk kepentingan ini, konsep AIDDA bisa kita
terapkan.
Seperti yang disampaikan Wilbur Schram, the condition of success in communication”,
yakni kondisi yang harus dipenuhi jika kita menginginkan agar suatu
pesan membangkitkan tanggapan yang kita kehendaki, dengan memperhatikan :
a) Pesan harus dirancang dan disampaikan sehingga menarik.
b) Pesan harus menggunakan lambang-lambang tertuju kepada pengalaman antara komunikator dan komunikan, sehingga dimengerti.
c) Pesan harus membangkitkan kebutuhan pribadi komunikan.
d) Pesan harus menyarankan suatu jalan untuk memperoleh kebutuhan komunikan.
Jadi.,
langkah pertama yang harus dilakukan, adalah bagaimana caranya kita
bisa harus bisa menarik perhatian komunikan. Buat supaya komunikan
tertarik untuk lebih ingin tahu mengenai isi pesannya. Penyajian pesan
bisnis agar menarik, jelas pada awalnya, tergantung pada packaging pesan
sesuai media yang digunakan.
Saat
kita menggunakan media cetak misalnya, usahan pesan bisnis yang kita
sampaikan sajiannya menarik. Baik dari segi content, maupun tampilan
secara keseluruhan. Bisa diakali dengan pemilihan font ( jenis huruf ),
warna ataupun design grafis secara keseluruhan.
Atau
manakala kita menyampaikan pesan bisnis melalui televisi misalnya.
Melalui team creative, harus bisa terkemas informasi yang sangat
menarik. Karena ada kecenderungan, komunikan saat ini, tidak hanya butuh
informasi, tetapi sesuatu yang bisa sekaligus menghibur mereka.
Saat
kita harus melakukan komunikasi langsung misalnya., usahakan daya tarik
bisa dimaksimalkan secara personal. Tentunya dalam hal ini,.
komunikator harus benar-benar bisa "bicara" . Tidak hanya benar
menyampaikan informasinya, tetapi juga menarik saat menyampaikannya.
Silahkan mencoba !!!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar